Minggu, 19 Februari 2012

MENGENAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN


 Menurut definisi 1994 teknologi pendidikan adalah :
  •  Teori dan praktek
  •  Desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian
  •  Proses dan sumber
  • Untuk belajar
Teori dan Praktek
Teori terdiri dari konsep, pembangunan (konstruk), prinsip, dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap khasanah ilmu pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan masalah.

Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian
Kawasan desain merupakan sumbangan terbesar dari teknologi pembelajaran untuk bidang pendidikan yang lebih luas. Kawasan pengembangan telah menjadi matang dan memberikan sumbangan terbesar untuk praktek. Sebaliknya kawasan pemanfaatan secara teoritis maupun praktis masih belum berkembang dengan baik, karena masih kurang mendapatkan perhatian. Kawasan pengelolaan selalu ada dalam bidang karena sumber yang menunjang untuk berlangsungnya tiap fungsi harus diorganisasikan dan dikelola. Sedangkan kawasan penilaian masih menggantungkan diri pada bidang lain.

Proses dan Sumber
Proses adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Sedangkan yang dimaksud denagn sumber adalah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan.

Untuk belajar
Tujuan teknologi pendidikan adalah untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Belajar menyangkut adanya perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan atau perilaku seseorang karena pengalaman.

*Diadopsi dari buku AECT. (1997). The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational Communications and Technology (AECT). (All)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar