Menurut definisi 1994 teknologi pendidikan
adalah :
- Teori dan praktek
- Desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian
- Proses dan sumber
- Untuk belajar
Teori
dan Praktek
Teori terdiri dari konsep,
pembangunan (konstruk), prinsip, dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap
khasanah ilmu pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan
tersebut dalam memecahkan masalah.
Desain,
Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian
Kawasan desain merupakan sumbangan
terbesar dari teknologi pembelajaran untuk bidang pendidikan yang lebih luas.
Kawasan pengembangan telah menjadi matang dan memberikan sumbangan terbesar
untuk praktek. Sebaliknya kawasan pemanfaatan secara teoritis maupun praktis
masih belum berkembang dengan baik, karena masih kurang mendapatkan perhatian.
Kawasan pengelolaan selalu ada dalam bidang karena sumber yang menunjang untuk
berlangsungnya tiap fungsi harus diorganisasikan dan dikelola. Sedangkan
kawasan penilaian masih menggantungkan diri pada bidang lain.
Proses
dan Sumber
Proses adalah serangkaian operasi
atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Sedangkan yang dimaksud
denagn sumber adalah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk system
pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan.
Untuk
belajar
Tujuan teknologi pendidikan
adalah untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Belajar
menyangkut adanya perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan atau
perilaku seseorang karena pengalaman.
*Diadopsi dari buku AECT.
(1997). The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on
Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational
Communications and Technology (AECT). (All)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar